lingkaran api

Aku memaafkan air mata yang harus kutumpahkan
Aku memaafkan rasa sakit dan semua kekecewaan
Aku memaafkan semua pengkhianatan serta kebohongan
Aku memaafkan semua fitnah dan tipu muslihat
Aku memaafkan kebencian dan penganiayaan
Aku memaafkan pukulan-pukulan yang melukaiku
Aku memaafkan harapan-harapan yang mati sebelum waktunya
Aku memaafkan permusuhan serta kecemburuan
Aku memaafkan ketidakpedulian dan niat jahat
Aku memaafkan ketidakadilan yang dijalankan atas nama keadilan
Aku memaafkan kemarahan serta kekejaman
Aku memaafkan kelalaian dan sikap menghina
Aku memaafkan dunia dan semua kejahatannya


Aku juga memaafkan diri sendiri
Semoga peristiwa-peristiwa buruk masa lalu tidak lagi memberatkan hatiku
Dibanding rasa sakit dan kebencian, aku memilih pengertian dan belas kasih
Dibanding pemberontakan, aku memilih menulis dengan tanganku
Dibanding duka cita, aku memilih untuk memaafkan
Dibanding balas dendam, aku memilih kemenangan


Aku memiliki kemampuan mencintai, terlepas dari apakah aku balas dicintai
Kemampuan memberi, bahkan saat aku tidak punya apa-apa
Kemampuan bekerja dengan bahagia, bahkan di tengah kesulitan-kesulitan
Kemampuan mengulurkan tangan, bahkan saat aku benar-benar sendirian dan diabaikan
Kemampuan untuk mengusap air mata, bahkan saat aku menangis
Kemampuan percaya, bahkan di saat tak seorang pun percaya padaku

Demikianlah adanya.
Demikianlah hendaknya


Comments

Popular Posts