When you try your best in KTI

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, tentunya gue lagi disibukkin sama yang namanya skripsi. Kalo di FK, namanya karya tulis ilmiah (KTI). Kemaren februari gue udah ujian sidang proposal tuh. Malem sebelumnya, gue deg-deg an banget. Takut ditanyain macem2 gitu. Tapi ternyata pas sidang, puji Tuhan lancar :) pengujinya dapet yang baik. Tapi perlu diketahui, mulai dari awal KTI gue memperjuangkan semuanya dan Tuhan juga ikut ada di dalamnya....

Pertama, bagian yang mau gue pilih. Sebelumnya, gue masih bingung nih mau bagian apa dan temen2 kos pada nyaranin ambil bagian kulit aja. Ya udah, gue daftar duluan tuh di admin kulitnya. Eh, tiba2 keluar pengumuman kalo ga boleh nge-tag bagian maupun dosen gitu. Akhirnya ya udah pasrah. Eh tapi pas keluar pengumuman...tetep dapet bagian kulit :)


Kedua, masalah partner dan dosen pembimbing. Gue bersyukur, gue dapet partner yang baik walaupun sebelumnya gue ga terlalu deket sm dia. Soalnya, ada temen gue yang sampe harus ngurus pindah2 partner gitu. Dan gue juga bersyukur dapet dosbing yang cukup enak karena beliau yang ngasih kita judul dimana orang2 lagi pusing mikirin mau judul apa. Ditambah juga beliau udah doktor juga jadi lumayan aman lah ya kalo buat ujiannya ntar haha


Ketiga, kayaknya hampir semua temen gue susah ketemu dosbingnya. Syukurlah gue ga pake pembimbing 2 karna bisa ribet banget buat ketemuannya. Sedangkan untuk ketemu dosbing gue aja udah susah banget. Secara gue dan partner beda jam kuliah (gue pagi, dia siang). Kalo mau ketemu dosbing selalu bareng kita, kecuali kalo pas gue pulang ke Jakarta. Ya, alhasil gue dan partner curi2 waktu pas jam kuliah kita, kadang bolos, dll. Kalo ga gitu, ya kita ga bakal maju2 soalnya juga dosbing kita cuman bisa ditemuin jam 10-12 siang di bagian kulit dan selebihnya malam di tempat prakteknya di ungaran.


Keempat, dosen penguji. Gue udah denger2 tuh siapa aja dosen kulit yang kira2 ga enak ngujinya. Gue dan partner juga udah ngira2 kira2 siapa dosen yang belum nguji anak yang KTI nya kulit juga... Trus ada 1 dosen yang katanya 'menyusahkan'. Gue dan partner udah antisipasi nih biar ga dapet itu dosen. Gue ngomong ke dosbing dan tanya kira2 beliau rekomendasiin siapa buat jadi penguji dan beliau rekomendasiin penguji lain yang masih muda, bukan si 'menyusahkan' ini. Ya udah, akhirnya kita urus ke bagian KTI sampe gue dan partner nunggu sampe sore baru dapet persetujuan dari ketua KTI nya. Besoknya, tiba2 dibilang sama adminnya kalo udah diatur siapa aja yang jadi pengujinya. Dan seharusnya gue dan partner dapet dosen 'menyusahkan' itu. Kita bilang dong ke mbaknya kalo kita udah dapet persetujuan kemaren. Eh, kita malah disuruh minta tulisan pengantar gitu dari ketua KTI nya. Ya udah, kita nunggu beliau yang lagi nguji dan bilang dan akhirnya dapet. Balik lagi ke mbak admin KTI dan akhirnya bisa tuh diubah pengujinya... Walaupun terlihat sepele, tapi effort nya besar lho cuman buat ngurus penguji ini. Kita nunggu dari pagi, bapak ketua KTI nya ga dateng2, trus kuliah dulu, dan balik lagi jam 1-an dan nunggu sampe jam setengah 5-an.


Kelima, my favourite number. The toughest one, Masalah perijinan tempat penelitian 'doang'. Tadinya tuh gue dan partner maunya ntar subjek dikumpulin di ruang kelas aja gitu trus dokter spesialis kulitnya dipanggil buat diagnosis disitu. Menurut gue, itu lebih gampang ngatur ijin ruangannya dan bisa di sela2 kuliah. Tapi dosbing kami maunya di tempat yang emang resmi dan legal buat diagnosis antara dokter dan pasien. Pilihannya: rsnd, puskesmas mana pun, atau tempat praktek beliau yg nun jauh di Ungaran sana. Sejauh itu, dosbing gue sangat menyarankan di rsnd. Ya udah dong, gue dan partner langsung cus ngurus ijin disana. Ngasih berkas, ngisi form, dan sebagainya. Trus kita dipanggil sama pihak rsnd nya buat overview penelitian kita. Mampus! Apaan lagi nih? Kan kemaren udh presentasi proposal. Kok ini disuruh presentasi lagi. Yaah jalanin aja, kata gue dalam hati. Pas presentasi....Nightmare! Dibantai cuy abis2an! Lebih serem daripada ujian proposal kemaren deh pokoknya! Petinggi2 disitu menanyakan gimana pertanggungjawaban kita sama subjek2 penelitian kita nanti. Gimana kalo jerawatnya tambah banyak? Gimana kalo tambah parah? Sebenernya, kalo di hipotesis gue, sabun sulfur bakal mengurangi jerawat. Tapi partner gue hipotesisnya itu bedak padat malah nambahin jerawat. Nah itu yg dibantai. "Berarti kamu mengharapkan tambah parah dong temen2mu nanti?" gitu deh kata mereka. Waduh mau jawab apa bingung kan...kita cuman bisa diem. Alhasil, kita disuruh duduk dulu sampe dosbing kita dateng. Gantian orang lain presentasi di situ. Abis itu, beberapa saat kemudian, dosbing gue muncul. Dia sempet nanya2 sm gue, gimana presentasinya tadi. Dan gue bilang aja, kalo mereka kurang setuju kita penelitian di situ karna hipotesisnya temen gue. Pas giliran beliau dikasih kesempatan berpendapat, beliau bilang kalo bedak padat tuh belum tentu nimbulin jerawat. Terjadilah perang dunia ketiga haha *lebay* Adu argumen dah tuh antara dosbing gue dan petinggi2 rsnd. Gue dan partner cuman bisa diem, nundukin kepala. Selesai presentasi, jalan tengahnya adalah kita disuruh revisi proposal dan menunggu EC keluar. Dosbing gue sampe keluar ruangan itu masih rada marah karna kenapa si pihak rsnd ini kayak menyulitkan mahasiswanya yg mau penelitian. Trus beliau saranin di prakteknya beliau aja kalo banyak disusahi kyk gitu. Ga bakal maju ini rs kalo gitu caranya! Mau penelitian, ngembangin rs kok malah dihambat. Gitu lah beliau kira2 bilangnya.

Gue dan partner pusing tujuh keliling. Di tengah kita juga harus ngikutin kepaniteraan umum, kita juga harus bolak balik ke rsnd dan ke kariadi buat ngecek EC jg. Di mana buat gue itu berat banget. Melelahkan. Secara gue ga punya kendaraan pribadi. Ngabisin ongkos duit pula. Yah tapi tetep aja gue jalanin. Gue omongin terus dalam hati kalo gue harus semangat! Lalu EC partner gue keluar. Lah gimana sm EC gue? Kan gue taruh EC nya barengan sm dia. Trus ngasih ke reviewer 1 nya jg duluan. Trus gue cek lah ke reviewer 1 gue, gimana udah di tanda tangan apa blm sm beliau. Eh, malah gue disuruh menghadap beliau! Waduuh mau disuruh ngapain lg nih gue?! Takut deh beneran ngadepin dosen sendirian yang mana gue bahkan ga tau muka tuh dosen kayak apa. Dan ada kejadian yang lumayan kocak buat gue. Pas gue masuk igd buat nemuin dosennya, gue tanya lah sama residen disitu yg namanya dr.X ini mana dan ditunjuk lah yg itu dan mereka para residen lagi nunggu buat ketemu itu dosen juga. Lah gue kan bingung mau langsung apa nunggu beliau juga...trus beliau liat gue yg bertenteng tas ransel gede di punggung gue. Seorang residen nyamperin gue dan nanya keperluan gue apa? Soal EC ya? Trus dia balik ke si dosen ngasih tau tujuan gue disitu dan si residen balik lagi ke gue nanya kenapa EC nya? Gue bilang, mau minta ttd dr.X buat EC. Kemarin disuruh dateng nemuin si dokternya. Si residennya balik lagi ngasih tau. Ya gitu deh bolak balik sampe si residen manggil gue yang artinya si dosen mau nemunin gue. Gue kasih lah revisian gue ditanyain ttg revisian itu dan langsung di ttd dengan aura yang sedikit menyeramkan. 

Ga cukup sampe disitu perjuangan penelitian gue. Setelah masuk ke kepk, EC gue ternyata revisi lagi dari reviewer utama, seorang prof.S. Beliau minta gue ketemu dia. Dihubungin susah, sampe akhirnya beliau bales sms gue. Pas ketemu, gue ditanyain macem2....tentang bioetik penelitian, dll. Bahayanya buat subjek, dll. Gue ga terlalu bisa jawab, tapi gue berdalih dgn alasan kok EC partner gue yg judulnya mirip bisa keluar sedangkan gue...? Pada akhirnya, gue disuruh revisi. Hari itu juga gue revisi. Dua hari kemudian, gue denger prof minta ketemu lagi. Lahh?? Trus gue belum ada waktu ke kariadi pas itu. Dan pas gue ke sana, EC gue revisi. Lagi. Langsung revisi di tempat biar ga bolak-balik. Nah di titik inilah gue ngerasa, kok semuanya ga berjalan sesuai apa yang gue udah rencanain ya? Perlu tau, gue orang yang kalo ngerjain apa2 lebih suka yg terencana dari jauh2 waktu drpd yg dadakan. Disinilah gue tanya Tuhan. Apa maunya Dia di hidup gue? Kok gue yang disusahin gini? Temen2 gue pada mulus2 aja tuh ngurus EC nya. Kenapa gue kok susah ya? Di saat partner gue udah mulai penelitian, gue masih di titik dimana ngurusin EC. Di situ pikiran dan hati gue ga karuan. Gue coba memfokuskan diri gue lagi dengan baca Firman. Trus ga tau kenapa, ada yg share ayat:

Kami mengharapkan banyak, tetapi hasilnya sedikit, dan ketika kamu membawanya ke rumah, Aku menghembuskannya. Oleh karena apa? demikianlah Firman TUHAN semesta alam. Oleh karena rumah-Ku yang tetap menjadi reruntuhan, sedang kamu masing-masing sibuk dengan urusan rumahnya sendiri. -Hagai 1:9-

Ya, aku mengharapkan banyak hal terjadi sesuai rencanaku. Tapi aku lupa kalau rumah Tuhan menjadi reruntuhan. Disini aku tafsirkan, kalau hati Tuhan hancur ngeliat aku yang lupa minta penyertaan Tuhan. Aku sibuk dengan rencana2ku. Berharap hasilnya sesuai keinginanku. Tuhan menghembuskannya begitu aja semua rencana2 itu. Sampai pada saatnya, aku minta ampun sama Tuhan. Aku mohon pengampunan. Ga seharusnya aku kerja sendiri tanpa minta Tuhan juga ikut kerja di dalamnya. Setelah itu, aku berserah sama Tuhan. Semua perkara aku letakkan di atas tangan kuasa-Nya. Pokoknya apa yang terjadi, aku jalanin aja terus. Cuman modal PERCAYA! Itu aja udah cukup buat aku tetap semangat dan ga gentar.

Segalanya masih berlanjut....Masih ada pretest dan post test penelitian, mengolah data, dan ujian sidang hasil KTI. We'll see what's happen next.

Have I not commanded you? Be strong and courageous. Do not be afraid; do not be discouraged, for the Lord, your God will be with you wherever you go. -Joshua 1:9- 







Comments

Popular Posts