CERITA RUMAH

Cerita Rumah


Sebagai seorang guru, ketakutan saya adalah 'tidak bisa berubah'. Semakin saya tua, semakin saya menjadi guci yang keras. Itu ketakutan saya, pada saat zaman berubah, saya tidak bisa berubah, itu ketakutan saya. Dan jika zaman berusaha mengubah saya, maka saya akan pecah.

Saya ingin selalu dapat dibentuk seperti anak kecil. Maka dari itu, saya selalu bilang ke murid-murid saya, "Rendahkan saya serendah-rendahnya dan kritisi saya sekeras-kerasnya, agar saya selalu siap dengan pergantian zaman." Saya tidak ingin menjadi orang tua yang menyebalkan, saya ingin dapat selalu bersama mendampingin anak-anakku, murid-muridku, dan kawan-kawanku dari segala lintas zaman. Saya ingin selalu mempertanyakan segala hal, bukan hanya aman dan nyaman di jawaban yang belum tentu pasti.

Pernahkah kamu mendengar cerita orang tuamu tentang pendahulumu, bagaimana mereka bekerja dan berjuang hidup demi kita. Dulu..ya dulu...terima kasih atas apa yang telah kau berikan. Tapi saat ini adalah zamanku.


Comments

Popular Posts