Nilai itu Penting, tapi Bukan yang Utama
19 Januari
Sabtu, hampir
tengah malam. Seperti biasa aku membuka jejaring sosialku. Sekedar melihat
notification dan bermain game online. Dalam waktu yang lebih panjang, chat
message dengan salah seorang teman. Pertama-tama hanya sekedar sapaan dan basa-basi
– mungkin kebanyakan orang tidak suka
dengannya tetapi menurutku ‘basa-basi’ membuat hubungan sosial kita semakin
dekat dan harmonis. Hal kecil tapi berarti banyak…
Bukan hal
‘basa-basi’ dan sapaan yang mengusikku dalam obrolan itu. Tetapi pertanyaan-pertanyaan
yang timbul dalam benak temanku ini membuat aku tersadar akan sebuah pemikiran.
Seperti Socrates, pada masa hidupnya, beliau tidak pernah henti-hentinya
bertanya pada setiap orang yang ditemuinya, golongan rendah sampai golongan
tertinggi. Begitu juga aku yang memiliki banyak pemikiran dalam benakku dan
menginginkan banyak pertanyaan timbul atasnya.
Suatu waktu aku
pernah menulis demikian:
Penting banget sama nilai? Bukannya ilmunya yg lebih penting sehingga bisa diterapkan di kehidupan nyata bukan text book doang? Oh iya ya nilai kan buat bukti formalitas...jadi gpp dong kalo nilai pas2an yg penting ilmunya dapet atau nilai bagus jamin serapan ilmunya baik? #kacaupendidikanindonesia
Banyak yang
berpendapat sama. Namun, bukan itu yang kucari. Aku ingin melihat bagaimana
pikiran orang lain menanggapi buah pemikiranku ini sehingga aku bisa terus
bertanya dan mempertanyakannya. Chat
message temanku ini membuat aku semakin bergairah. Beginilah obrolan kami
pada waktu yang mungkin kurang tepat pada tengah malam:
-Jika ada suatu
kata yang disingkat atau bahasa slang, aku yakin kalian masih bisa memahaminya-
(T mewakili
temanku, M mewakili aku sendiri)
T: sp gak? 11:56pm
M: iya. km ga emg? 11:57pm
T: aku sp
kmu knp sp?
ad yang parah nilai nya? 11:57pm
M: fisika C
balik kpn top? 11:58pm
T: minggu
oo
target minimum mu b ya? 11:58pm
M: iya biar ke depannya ga jelek2 amat
km sp apa aja? 11:59pm
T: aku kimia ikm etikum sama agama
Haha 11:59pm
M: lah bnyk amat
agama sp nya gmn? 11:59pm
T: iya. nanggung kan..
sp nya buat makalah lgi
hehe
kmu bnyk yang a ya? 12:00am
M: ngga jg. aku sp kim fis ikm 12:00am
T: lah knapa? 12:00am
M: etikum sm agama udh A yg
lain msh B 12:00am
T: coba2 kalo
boleh tolong sebutin nilai kamu dong sar Hehe 12:01am
M: bio B
etikum, agama A
kim, ikm B
fis C
iya deh yg nilainya bagus2
hahaha 12:02am
T: lah..
ikm ku d loh sar
yang a cuman fisika
hahaha
kecean kamu kan?
lgpl kamu sndiri kan yang nulis nilai formalitas
aku pengen ngomongin itu sebenernya.
kamu bener mandang nilai seperti itu ato nulis status
doang nih? 12:04am
M: maksudku kan ada org yg ga
bersyukur dia dpt nilai apa aja
kyk perfeksionis gt loh
padahal kan bkn itu yg utama
kalo msh bs diperbaiki ya
apa salahnya diperbaiki 12:05am
T: tujuan kmu
memperbaiki yang b apa sar?
"bukan nya menyinggung ato menghakimi"
aku cmn penasaran dngn cara berpikir seperti itu, meng
sp yang b artinya gimana 12:05am
M: hahaha gpp top malah aku seneng
debat pemikiran kyk gini 12:06am
T: sipp 12:07am
M: tujuanku: kan pelajaran
nantinya bakal makin susah jd pas smt 1 naikin nilai dulu aja kalo bs
biar nilai2 ntar yg jelek
ketutup sm yg bagus trus bs memenuhi kriteria lulus deh
kan yg penting lulusnya
bukan ip/nilainya 12:08am
T: nah pernyataan
kamu yang ini nih
tujuan nya jadi ngejar nilai juga kan?
menurut ku, mengejar nilai bukan suatu kesalahan, tapi
bukan merupakan tujuan utama
kmu gk bilang ngejar nilai itu suatu kesalahan sih 12:10am
M: ooh iya bener deh hehehe
diperbaiki ya ... soalnya aku ga seneng aja sm org2 yg cuma ngeliat nilai
akademik drpd nilai2 lain yg lbh esensial 12:23am
T: gimana tuh? 12:24am
M: hah? gmn apanya? 12:27am
T: nilai yang
lebih essensial dri pndngn mu ap sar? 12:29am
M: kyk nilai sosial,
kejujuran, nilai2 kehidupan gt deh 12:33am
contohnya adek gw nilainya dr sd ga pernah bagus, baca
tulis aja diajarin susah tp dia punya nilai sosial tinggi dan punya kemampuan
lain yg ga diajarin di sekolah (dagang) tp dia tetep berusaha buat sekedar
lulus tp itu bukan tujuan utamanya (cuma buat memenuhi ukuran masyarakat pd
umumnya bahwa dia hrs lulus sekolah pd jenjang tertentu) 12:33am
T: hehe woh mantap adek lu bisa begitu
klo kata ahok sih, karakter nya yang dibina.. dan
jalan pikirnya..
nah terus kalo yg lu liat di fk gmn? fk kita ya 12:38am
M: kalo di fk kita dan
kebanyakan fk sih keliatannya bnyk yg ngejar nilai akademik aja tp ga ngerti
kalo sebenernya jd dokter ga cuma butuh teori doang
contohnya ada anak yg
kerjaannya blajar doang ngedekem di kamar ga mau ikut kegiatan2 sosial atau
acara2 apa gt shg nilai sosialnya kurang sedangkan dokter kan berhubungan sm
orang...gmn bs kemampuan sosial kt rendah? ntar kt ga dipercaya pasien 12:42am
T: betul2 Haha
harus
dipikirkan matang2 ya tindakan
hemm … berniat ikut
kegiatan apaan sar? 12:44am
M: hmm mungkin hima
km? 12:45am
T: gk diijinin
hima
ya karena nilai ku ini
haha
kyknya aku ikut baksos2 gitu deh sma latihan basket
palingan
hem 12:46am
M: ah aku kalo olahraga plg
ga bisa 12:47am
T: km gk tkut
keteteran? 12:49am
M: takut sih apalagi aku
orangnya males hehehe
cuma ya jalanin aja hahaha 12:50am
T: nahh
yaudah smgt
aku juga pengen nyoba
haha
tpi gmn ya 12:52am
M: berdoa aja top biar dpt
pencerahan hahaha 12:54am
Percakapan selama kurang lebih
satu jam ini membuat aku bergairah untuk kembali menuliskan buah-buah
pemikiranku yang selama ini hanya kupendam karena banyak teman-teman dan
lingkunganku tidak memahami esensi dari kehidupan dan hanya menjalankan
rutinitasnya seperti robot yang telah diprogram untuk melakukan sesuatu yang
demikian adanya sehingga mereka malas bertanya dan memahami untuk apa sesuatu
dilakukan dan mengapa sesuatu harus terjadi. Atau…hanya aku yang terlalu banyak
berpikir? Hahaha :D
Pendidikan sekarang, khususnya
di Indonesia, menuntut nilai akademis yang tinggi tetapi melupakan yang namanya
keahlian dan nilai moral. Mereka berpikir bahwa untuk mendapatkan ilmu hanya
bisa diperoleh dari bangku sekolah saja. Datang. Duduk. Diam. Pulang. Keesokan
harinya melakukan hal yang sama berulang-ulang. Memang benar, sebagian dari
kita memperoleh beberapa ilmu dasar, tetapi banyak dari kita yang tidak memahami
tujuan mempelajarinya. Dan terkadang nilai di atas kertas lebih dihargai
daripada nilai-nilai moral kejujuran, kepedulian, tenggang rasa, dsb. Mungkin
benar apa yang dikatakan temanku itu bahwa sejatinya nilai akademis – nilai
yang menurut sosial masyarakat didapat dari bangku sekolah dan pendidikan
formal – adalah sesuatu yang penting, tetapi bukan yang utama. Karena
sejatinya, nilai akademik hanya memiliki persentase kecil untuk membuat kita
menjadi manusia yang sukses, yaitu manusia yang bahagia.
Pengalamanku di bangku
sekolah: setiap pelajaran yang dijelaskan oleh guru terkadang tidak kumengerti.
Dan jika pada akhirnya aku mengerti, hanya pelajaran-pelajaran yang benar-benar
menyenangkan yang dapat kuingat sejauh ini. Aku bukan menyalahkan guru atau
instansi tertentu, tetapi segala sesuatu yang masuk dalam memori otak belum
tentu berguna. Dan seperti halnya sebuah gudang kosong yang akan diisi
barang-barang, demikianlah otak kita. Barang-barang yang akan diisikan
hendaknya yang berguna dan yang tidak berguna dibuang karena akan memenuhi
ruangan tersebut dan yang terlebih lagi barang-barang yang tidak berguna akan
menutupi keberadaan barang-barang yang berguna sehingga cenderung dilupakan.
Tetapi sekali lagi bahwa di
dalam sebuah pemikiran tidak ada yang benar dan yang salah karena otak manusia
tidak selalu sama menanggapi sesuatu hal yang sedang terjadi. Perbedaan
pandangan menyebabkan keharmonisan, bukan pertengkaran jika setiap orang
menyadari bahwa memang hidup butuh perbedaan. Jika semua orang menjadi
pengusaha, siapakah yang menjadi konsumennya? Jika semua orang pintar dan
memberikan pengajaran, siapakah yang mau diajar?
Semoga ini menjadi bahan
renungan bagi kita semua, termasuk saya.
Comments
Post a Comment